Rabu, 17 Desember 2014

Bahasa Indonesia 2


Pengumpulan Data

Pengumpulan data menurut ahli metode pengumpulan data berupa suatu pernyataan (statement) tentang sifat, keadaan, kegiatan tertentu dan sejenisnya. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan penelitian (Gulo, 2002 : 110).
Metode pengumpulan data ini termasuk kategori laporan diri (personal report) / Deskripsi diri (self descriptive). Individu melaporkan tentang keadaan dirinya berdasarkan pertanyaan atau perintah yang diberikan kepadanya.

Wawancara

Wawancara adalah tanya jawab dengan seseorang yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya mengenai suatu hal. Atau dengan kata lain dapat juga dikatakan bahwa wawancara adalah tanya jawab antara pewawancara dengan yang diwawancarai untuk meminta keterangan atau pendapat tentang suatu hal. Jadi, sebenarnya pengertian wawancara adalah upaya yang dilakukan seseorang atau suatu pihak untuk mendapatkan keterangan, atau pendapat mengenai sesuatu hal yang diperlukannya untuk tujuan tertentu, dari seseorang atau pihak lain dengan cara tanya jawab.
Tujuan dari pewawancara untuk memperoleh keterangan atau pendapat dimaksud untuk digunakan sebagai masukan suatu penelitian atau digunakan sebagai bahan berita untuk dimuat di mass media (surat kabar, majalah, radio, televisi). Dengan demikian, kedudukan yang diwawancarai adalah sumber informasi, sedangkan pewawancara adalah penggali informasi

Contoh Wawancara
Pewawancara:
"Selamat siang Pak! Apakah kita bisa memulai wawancaranya sekarang?"
Narasumber (kepsek):
"Oh, ya. Silahkan!"
Pewawancara:
"Jadi, untuk Bapak maklumi, tujuan wawancara ini adalah untuk mengetahui kesiapan dari para siswa maupun guru dalam pelaksanaan ujian kali ini"
Narasumber:
"Silahkan teruskan"
Pewawancara:
"Sejauh ini, apa saja yang sudah dipersiapkan untuk menyambut ujian yang sebentar lagi akan dilaksanakan?"
Narasumber:
"Persiapan yang kami lakukan adalah memberikan les-les tambahan atau pengayaan dan mengurangi bahkan menghentikan beberapa kegiatan ekstrakulikuler untuk sementara."
Pewawancara:
"Menurut pantauan Bapak, bagaimana tentang kesiapan dari siswa?"
Narasumber:
"Saya rasa para siswa sudah cukup siap."
Pewawancara:
"Baiklah Pak! Saya rasa imformasi yang saya butuhkan sudah cukup. Terimakasih atas waktu dan kesediaan Bapak. Selamat siang."
Narasumber:
"Sama-sama. Selamat siang."

Angket / Kuesioner

Angket / Kuesioner adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden. Angket diisi oleh responden sesuai dengan yang “dia” kehendaki/ketahui/rasakan. Angket adalah instrumen untuk jenis penelitian kuantitatif. Angket adalah penelitian kualitatif yang kuantitatifkan. Angket adalah penelitian kuantitatif yang disimpulkan dalam bentuk kualitatif.
Contoh angket :
IDENTITAS
Nama    : ……………………………………………
Kelas    : ……………………………………………
PETUNJUK :
1. Saudara dipersilahkan  menjawab setiap pertanyaan  di bawah ini dengan cara  memilih   salah satu jawaban yang  Anda anggap  paling  benar  dengan memberi tanda  silang  (X)
2. Kesungguhan  dan kejujuran  Anda  dalam menjawab sangat  kami harapkan.
3. Atas  bantuan  Anda  kami   sampaikan  terima  kasih.
Pertanyaan-pertanyaan :
A.    Attention (perhatian) sebagai motivasi belajar kepada siswa
1.    Apakah guru anda pernah bertanya tentang keadaan/kabar anda sebelum pelajaran dimulai?
a.   Selalu               c.  Kadang-kadang
b.    Sering            d.   Tidak Pernah
2.   Apakah guru anda pernah menerangkan pelajaran?
a.    Selalu            c.   Kadang-kadang
b.   Sering              d.   Tidak Pernah
3.    Apakah guru anda pernah menerangkan pelajaran dengan metode cerita?
a.    Selalu            c.   Kadang-kadang
b.    Sering            d.   Tidak Pernah
4.    Apakah guru anda pernah bertanya kepahaman anda terhadap pelajaran yang diterangkan?
a.    Selalu            c.   Kadang-kadang
b.    Sering            d.   Tidak Pernah
5.    Apakah guru anda pernah mengulangi penjelasan ketika anda kurang paham terhadap pelajaran?
a.    Selalu            c.   Kadang-kadang
b.    Sering            d.   Tidak Pernah
6.    Apakah guru anda pernah memberikan pertanyaan secara langsung kepada anda tentang pelajaran yang diajarkan?
a.    Selalu            c.   Kadang-kadang
b.    Sering            d.   Tidak Pernah
7.    Apakah guru anda pernah memberikan kesempatan kepada anda untuk bertanya tentang materi pelajaran yang diajarkan?
a.    Selalu            c.   Kadang-kadang
b.    Sering            d.   Tidak Pernah
B. Relevance (keterkaitan) mata pelajaran dengan kehidupan sehari-hari sebagai motivasi belajar siswa
8.    Apakah anda setuju bahwa materi pelajaran yang anda pelajari berkaitan dengan kehidupan sehari-hari?
a.    Sangat setuju                 c.   Kurang setuju
b.    Setuju            d.   Tidak setuju
9.    Apakah guru anda pernah mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari?
a.    Selalu            c.   Kadang-kadang
b.    Sering            d.   Tidak Pernah
10.    Apakah anda setuju bahwa belajar dengan tekun akan meningkatkan prestasi anda?
a.    Sangat setuju                 c.   Kurang setuju
b.    Setuju            d.   Tidak setuju
11.    Apakah guru anda pernah memberikan contoh seseorang yang belajar dengan tekun akan meningkat prestasinya?
a.    Selalu            c.   Kadang-kadang
b.    Sering            d.   Tidak Pernah
12.    Apakah anda setuju bahwa soal ujian mampu mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran?
a.    Sangat setuju        c.   Kurang setuju
b.    Setuju                        d.   Tidak setuju
13.    Apakah anda setuju bahwa tidak semua soal ujian mampu mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran?
a.    Sangat setuju                 c.   Kurang setuju
b.    Setuju            d.   Tidak setuju

Referensi :

1 komentar: